Selasa, 21 April 2009

First Opinion

PEMBANGUNAN EKONOMI (ECONOMICS DEVELOPMENT)

Part I

By Dian Herlambang Putra

Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses peningkatan suatu perekonomian di berbagai sektor yang dilakukan oleh negara-negara yang sedang berkembang dengan tujuan meningkatkan produktivitas, pendapatan riil nasional, dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk membangun perekonomian, suatu negara yang sedang berkembang harus memiliki beberapa syarat, antara lain:

  1. Akumulasi Kapital

Akumulasi kapital merupakan tambahan harta atau modal yang berasal dari investasi, sumber daya alam, keuntungan, dll.

  1. Tenaga Kerja

Tenaga kerja merupakan salah satu faktor produksi yang penting dalam suatu proses produksi. Tenaga kerja yang digunakan dalam proses pembangunan ekonomi ialah mereka yang mempunyai tingkat pendidikan yang baik serta memiliki tingkat keterampilan atau keahlian yang baik pula. Tenaga kerja yang memilikil beberapa kriteria di atas dimaksudkan agar dapat menciptakan efektivitas dan efisiensi dalam produktivitas.

  1. Teknologi

Tekniligi merupakan aspek penting dalam pembangunan ekonomi dan produktivitas khususnya. Teknologi tersebut diciptakan oleh tenaga-tenaga yang terdidik untuk menciptakan efektivitas dan efisiensi dalam produktivitas. Teknologi sebaiknya selalu di up grade karena adanya kompleksitas dari masalah-masalah atau penghambat-penghambat dalam proses produktivitas.

Jika suatu negara yang sedang berkembang telah memiliki syarat-syarat utama tersebut, maka negara tersebut telah siap untuk membangun perekonomiaanya.

Tipe-tipe dari pembangunan ekonomi tersebut juga bermacam-macam. Tipe-tipe tersebut antara lain:

  1. Pembangunan Ekonomi Spontan

Pembangunan ekonomi ini terjadi secara tidak langsung dalm suatu negara di mana memerlukan proses secara gradual untuk mencapai perumbuhan ekonomi yang signifikan. Sistem-sistem yang ada dalam tipe ini terjadi secara tidak langsung di mana sistem-sistem tersebut tercipta melalui interaksi-inteaksi ekonomi antarpersonal di suatu negara.

  1. Pembangunan Ekonomi Didorong

Pembangunan ekonomi ini terjadi karena ada dorongan dari para pemimpin/penguasa. Para pemimpin/penguasa tersebut mengeluarkan kebijakan-kebijakan ekonomi yang berguna untuk mendorong perekonomian negara mereka. Dalam tipe ini, bisa dikatakan bahwa pemerintah turut ikut campur dalam rangka pembangunan ekonomi namun tidak secara absolut.

  1. Pembanguna Ekonomi Dipaksakan

Pembangunan ekonomi ini terjadi karena ada paksaan dari para pemimpin/penguasa. Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan harus dipatuhi dan dijalankan oleh pelaku perekonomian (masyarakat). Pemerintah berperan absolut dalam proses pembangunan ekonomi (sentralistis).

2 komentar: