Jumat, 10 Juli 2009

mahalnya demokrasi

MAHALNYA DEMOKRASI

Oleh Dian Herlambang Putra

Demokrasi merupakan suatu pemerintahan yang berasal dari rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat. Demokrasi ini merupakan suatu bentuk amanah yang diberikan oleh rakyat kepada pengemban amanah tersebut untuk memimpin dan memerintah. Untuk mewujudkannya memerlukan suatu pengorbanan yang cukup besar. Pengorbanan yang dapat kita lihat adalah pengorbanan yang berwujud materi atau uang.

Sebagai contoh pada pemilu 2009 ini, untuk mewujudkan suatu demokrasi langsung dengan menunjuk para anggota legislatif dan presiden diperlukan biaya atau pengorbanan yang besar. Biaya-biaya yang dialokasikan untuk logistic pemilu, misalnya, memerlukan pengorbanan yang tidak sedikit. Selain hal tersebut, jika pada pemilu presiden terjadi dua kali putaran, maka dapat dipastikan biaya juga akan bartambah dua kali lipat.

Apapun hal tersebut yang menyangkut biaya untuk mewujudkan demokrasi yang baik tidak usah kita pikirkan keberadaannya. Biaya yang dikeluarkan tidak akan menjadi masalah jika demokrasi dapat berjalan baik dengan mengindahkan nilai-nilai demokrasi itu sendiri. Untuk pemilu 2009 ini, alangkah lebih baik jika kita menyukseskannya dengan penuh tanggung jawab. Sambut Indonesia yang lebih baik lagi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar